Senin, 6 Desember 2021 17:27 WIB | Dibaca : 143
Kendalikan Jumlah Penduduk Lewat Penjaringan Kesertaan Ber-KB
Kendalikan Jumlah Penduduk Lewat Penjaringan Kesertaan Ber-KB
Kendalikan Jumlah Penduduk Lewat Penjaringan Kesertaan Ber-KB

Mendukung program strategis, untuk menekan laju pertumbuhan penduduk dan angka kelahiran. Kelurahan Periuk Jaya bersama DP3AP2KB menggelar kegiatan Penjaringan Kesertaan Ber-KB, yang digelar di Kantor Kelurahan Periuk Jaya, Senin (6/12/12).

Aam Hamdani, Lurah Periuk Jaya mengungkapkan dalam penjaringan ini, diikuti puluhan ibu-ibu muda. Meningkatkan pemahaman dan pengetahuaan ber-KB, tentang pentingnya mengetahui kontrasepsi yang tepat untuk sasaran, dan pentingnya mempromosikan serta mengkonseling sasaran akseptor KB.

Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini, ialah meningkatnya pemakaian kontrasepsi, menurunkan kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi, menurunkan angka kelahiran di kelompok umur remaja usia 15-19 tahun. Terlebih, menurunkan tingkat kehamilan yang tidak diinginkan di kalangan perempuan usia subur 15-19 tahun.

“Kami mengimbau keluarga muda yang sudah menikah untuk ber-KB serta merencanakan periode memiliki anak. Memperhatikan jarak antar kelahiran dan waktu yang tepat berhenti memiliki anak,” ungkap Aam.

Ia pun menjelaskan, KB merupakan upaya untuk menghindari empat risiko. Mulai dari terlalu muda, terlalu rapat, terlalu banyak dan terlalu tua saat melahirkan. Dalam satu keluarga, tidak dianjurkan memiliki dua anak balita, karena itu pasangan muda yang melahirkan disarankan segera menggunakan kontrasepsi jangka panjang.

“Pelaksanaan program KB saat ini mencakup implan, IUD, dan tubektomi bagi perempuan. Sedangkan bagi laki-laki yakni vasektomi‎,” jelasnya.



Kota Tangerang KB Program

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!