Rabu, 22 Mei 2024 16:30 WIB | Dibaca : 784
Mengenal PEPARPEDA, Kejuaraan Olahraga Bagi Pelajar Disabilitas
Mengenal PEPARPEDA, Kejuaraan Olahraga Bagi Pelajar Disabilitas
Mengenal PEPARPEDA, Kejuaraan Olahraga Bagi Pelajar Disabilitas
Mengenal PEPARPEDA, Kejuaraan Olahraga Bagi Pelajar Disabilitas
Mengenal PEPARPEDA, Kejuaraan Olahraga Bagi Pelajar Disabilitas

Kota Tangerang kembali didaulat sebagai tuan rumah ajang olahraga bergengsi. Tak hanya Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI tingkat Provinsi Banten pada 9-13 Juni 2024, namun juga Pekan Paralympic Pelajar Daerah (PEPARPEDA) VIII tingkat Provinsi Banten pun akan diselenggarakan di Kota Tangerang, pada 2-5 Juli 2024.

PEPARPEDA merupakan kejuaraan olahraga yang dikhususkan bagi pelajar disabilitas. Cabang olahraga (cabor) yang ditandingkan pun sama dengan kejuaraan POPDA. Hanya saja beberapa cabang olahraga membutuhkan perhatian khusus.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Kota Tangerang Mohamad Subur menjelaskan, PEPARPEDA pertama kali digelar pada 2010 silam. Di mana sebelumnya disebut dengan Pekan Olahraga Pelajar Cacat Daerah (POPCADA).

“Sudah banyak atlet muda mewakili Kota Tangerang yang telah menorehkan prestasi pada PEPARPEDA tingkat Provinsi Banten hingga nasional. Sejak awal kejuaraan ini hadir, Kota Tangerang sendiri tidak pernah absen mengirimkan atlet terbaiknya,” terangnya, dihubungi Rabu (22/5/2024).

Subur mengatakan, pada PEPARPEDA VII tingkat Provinsi Banten tahun 2022 yang dilaksanakan di Kota Serang. Para atlet Kota Tangerang berhasil memborong sebanyak 23 medali dari berbagai cabor yang diikuti. Yakni 12 medali emas, 6 medali perak, dan 5 medali perunggu.

Tak hanya itu, Andika Rahman pernah meraih juara 1 pada cabor renang tunarungu di POPCADA Provinsi Banten I tahun 2010. Setelah itu meraih juara 3 tingkat nasional cabor renang kelas gaya bebas 50 meter pada POPCANAS tahun 2011.

“Cabor renang masih paling unggul, seperti pada PEPARPEDA III dan IV tingkat Provinsi Banten ada Alya Alamsyah yang berhasil Juara 1 di cabor renang dan juara 3 di tingkat nasional kelas gaya dada 50 meter. Dan di tahun 2018, Kurnia Mareta juga berhasil juara 1 pada cabor renang,” ujar Subur.

Tentunya ini menjadikan semangat bagi atlet pelajar Kota Tangerang yang meski dengan keterbatasannya, namun dapat mengukir prestasi dan membawa nama baik Kota Tangerang. Maka dari itu, ayo dukung dan sukseskan gelaran kejuaraan PEPARPEDA VIII tingkat Provinsi Banten yang diselenggarakan di Kota Tangerang nanti. (dsw)



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!