Selasa, 23 April 2024 17:29 WIB | Dibaca : 2302
Waspada Penularan Flu Singapura pada Anak, Begini Imbauan Dinkes Kota Tangerang
Waspada Penularan Flu Singapura pada Anak, Begini Imbauan Dinkes Kota Tangerang

Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengimbau masyarakat mewaspadai penularan hand, foot and mouth disease (HFMD) atau flu singapura, khususnya pada anak-anak berusia di bawah 10 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni menjelaskan, penyakit ini cepat menular jika tidak dilakukan pencegahan secara cepat dan tepat. Penyebaran virus HFMD atau flu singapura dapat melalui kontak kulit, udara, pernapasan, cairan dari blister atau benjolan kecil, atau tinja penderita, serta makan dan minum bersama.

”Penularan juga dapat terjadi melalui cairan atau droplet dari hidung maupun tenggorokan yang keluar saat bersin, mengeluarkan air liur, atau ludah yang terlempar ke udara saat batuk,” terang dr. Dini, Selasa (23/4/24).

Selain berpotensi menular pada anak usia di bawah 10 tahun, menurut dia, tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada anak remaja dan dewasa.

”Gejala yang timbul umumnya ringan seperti demam, munculnya demam yang berlangsung satu sampai dua hari, rash atau ruam pada kulit, dan benjolan kecil di telapak kaki, tangan, dan mukosa mulut,” katanya.

Penderita flu singapura, kata dia, juga mengalami kurang nafsu makan, lesu, dan nyeri tenggorokan, sehingga butuh asupan makanan yang tidak terlalu keras dan mudah dicerna.

“Dengan ini, kami imbau untuk tetap melakukan PHBS seperti cuci tangan menggunankan sabun dan menggunakan masker. Jangan lupa bagi warga yang sehat diimbau menggunakan masker saat berada di area publik,” imbaunya.

”Jika merasakan gejala mengarah HFMD, segera lakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pengobatan gejala dan konsultasi tata laksana perawatan di rumah. Sebab, belum ada obat untuk pengobatan dan pencegahan HFMD,” tutup dr. Dini.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!