Selasa, 16 April 2024 15:36 WIB | Dibaca : 549
Dinkes Kota Tangerang Imbau Masyarakat Skrining Penyakit Tidak Menular Usai Lebaran
Dinkes Kota Tangerang Imbau Masyarakat Skrining Penyakit Tidak Menular Usai Lebaran
Dinkes Kota Tangerang Imbau Masyarakat Skrining Penyakit Tidak Menular Usai Lebaran

Pascalibur panjang Lebaran tahun 2024, Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau masyarakat Kota Tangerang melakukan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) di seluruh fasilitas kesehatan terdekat.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni menuturkan, skrining PTM ditujukan untuk melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM. Terutama, perilaku seperti merokok, pola makan tidak sehat, kurang aktviitas fisiik, obesitas, stres, konsumsi minuman beralkohol, hipertensi, hiperglikemi atau pun hiperkolesterol.

“Tak terkecuali, menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan untuk segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan lebih lanjut,” jelasnya.

Lanjutnya, mengimbau seluruh pemudik memastikan kondisi kesehatannya fit, sebelum kembali ke rutinitas sehari-hari. Pasalnya, berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya, dengan kondisi tubuh yang lelah, tidak menutup kemungkinan munculnya penyakit-penyakit yang perlu ditangani dengan baik.

“Masyarakat juga bisa ikut berperan aktif dalam melaporkan masalah-masalah kesehatan di lingkungan yang memerlukan perhatian khusus dari petugas kesehatan. Khususnya, penyakit-penyakit yang mungkin timbul pasca Lebaran ini,” katanya.

Sebagai informasi, di Kota Tangerang telah tersedia 20 puskesmas UGD, 17 puskesmas poned dan 34 rumah sakit yang dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang. Yakni, sesuai dengan kepesertaan BPJS nya masing-masing.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!