Rabu, 7 Juni 2023 16:03 WIB | Dibaca : 588
PPDB Kota Tangerang: Sekolah di Negeri Atau Swasta Sama Saja

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah menjamin pemerataan kesempatan mendapatkan bangku pendidikan baik negeri maupun swasta pada tingkat SD dan SMP di Kota Tangerang. Melalui Dinas Pendidikan di 2023 ini telah menyiapkan program biaya pendidikan gratis di 146 sekolah tingkat SD/Mi dan SMP/Mts di Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengungkapkan sekolah di Kota Tangerang, baik negeri maupun swasta semuanya berkualitas. “Untuk biaya juga, insya allah seluruh sekolah negeri dan 146 sekolah swasta di Kota Tangerang itu gratis. Jadi, jangan khawatir untuk mempercayakan buah hatinya mengenyam pendidikan di Kota Tangerang,” tegas Wali Kota, Rabu (7/6/23)

Kepala Dinas Pendidikan, Kota Tangerang, Jamaluddin mengungkapkan dengan sistem zonasi memang beriringan dengan bergesernya cara pandang tentang kelanjutan bersekolah. Yakni, sekolah swasta yang sering dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Kini, di Kota Tangerang secara nyata bisa menjadi pilihan utama bukan lagi alternatif dalam melanjutkan jenjang sekolah.

“Mereka yang memilih untuk sekolah di sekolah internasional tentu takkan terpengaruh dengan sistem zonasi. Tapi, tak bisa dipungkiri sekolah swasta kini sudah bisa menjadi pilihan pertama bukan lagi sekadar pilihan pasca pelajar gagal masuk sekolah negeri impiannya. Karena memang negeri dan swasta di Kota Tangerang sama saja,” jelas Jamal.

Ia pun menyatakan, 146 sekolah swasta yang telah bekerjasama dengan Pemkot Tangerang dalam program biaya pendidikan sekolah swasta gratis ini merupakan sekolah pilihan terakreditasi. “Harapannya, lewat program ini, masyarakat menjadi lebih mudah mengakses pendidikan berkualitas tanpa harus memikirkan beban biaya. Terlebih, dapat memutuskan angka kasus putus sekolah di Kota Tangerang,” kata Jamal.

Diketahui, secara umum kualitas pendidikan swasta di Kota Tangerang sebagai berikut;
1. Biaya
Semakin baik kualitas sekolah swasta, biasanya biaya sekolah atau SPP-nya juga semakin tinggi. Tapi tidak di Kota Tangerang, dengan program biaya pendidikan gratis di 146 sekolah tingkat SD/Mi dan SMP/Mts. Mulai dari pendaftaran, biaya ujian, ulangan, praktik, bangunan, SPP, OSIS dan lainnya digratiskan, hanya membeli atau mengeluarkan biaya keperluan pribadi.

2. Fasilitas
Diketahui, sekolah swasta fasilitas tergantung pada besarnya biaya yang dibebankan kepada orang tua siswa. Namun, 146 sekolah tingkat SD/Mi dan SMP/Mts yang ikut program Pemkot Tangerang biaya pendidikan gratis merupakan sekolah pilihan terakreditasi, dan jaminan standar fasilitas dimasing-masing sekolah.

3. Kurikulum
Sementara itu, sekolah swasta memiliki keleluasaan dalam menentukan kurikulum yang digunakan. Sehingga, kurikulum pendidikan yang diterima anak swasta cenderung lebih bervariatif.

4. Guru dan Siswa
Sekolah swasta cenderung memiliki jumlah siswa yang sedikit di setiap kelas, biasanya tak lebih dari 20 orang. Boleh jadi, guru yang mengajar juga lebih dari satu orang pada setiap kelas – tergantung pada kurikulum yang digunakan. Maka, interaksi antara guru dan siswa pun cenderung lebih dinamis.(bun)



Kota Tangerang SD SMP Pendidikan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!