Selasa, 18 April 2023 10:26 WIB | Dibaca : 277
Ternyata Ini Fakta Menarik Dari Kopi

Siapa yang tidak mengenal Kopi, setiap orang pasti tahu bagaimana nikmatnya minum kopi saat cuaca dingin atau pada saat mengantuk. Kopi menjadi minuman yang disukai berbagai kalangan, bukan hanya orang tua, tapi anak muda pun kini sudah menyukai minum kopi.

Apalagi kedai kopi sudah menjamur dimana-mana dan menjadi tempat nongkrong bersama dengan teman atau orang terkasih. Mereka biasanya mengerjakan tugas atau sekedar bersantai sambil minum kopi. Tapi tahu nggak sih, kalo ada fakta menarik lho dari kopi yang perlu kamu ketahui.

1. Kopi Sempat Dilarang Di Berbagai Negara
Sekarang hamper setiap negara dapat menikmati kopi sesuka hati. Namun pada tahun 1511 di Makkah, Arab Saudi, kopi sempat dilarang lho. Karena pada masa itu, para ulama meyakini minuman kopi bisa merangsang pikiran-pikiran radikal.

Selain itu, kopi juga sempat dilarang di Italia karena dianggap minuman sesat. Sedangkan di Turki, kopi sempat dianggap menyesatkan. Dan jauh sebelum itu, pada abad 17, Raja Murad IV dari Dinasti Ottoman menetapkan hukuman keras bagi warganya yang ketahuan minum kopi. Hukuman atas 'kejahatan' minum kopi yang diberlakukan antara lain pemukulan atau dibuang ke laut.

2. Ada Biji Kopi Yang Berwarna Hijau
Biasanya kita mengenal biji kopi berwarna cokelat kehitaman, dan belakangan ini ada biji white coffee atau kopi putih yang juga populer bagi penikmat kopi. Namun ternyata, ada satu lagi biji kopi yang jarang kita ketahui, yaitu biji kopi hijau.

Dilansir Times of India, kopi ini memiliki biji berwarna hijau karena masih mentah dan tidak melalui proses pemanggangan. Kopi hijau diklaim mampu menurunkan berat badan lebih efektif daripada teh hijau.

3. Kafein Bisa Meredakan Sakit
Biasanya para pekerja kantoran meminum secangkir kopi sebelum melakukan aktifitas meraka. Ternyata ada fakta menarik dengan kebiasaan itu, yakni minum kopi sebelum bekerja dapat meminimalisir resiko terkena sakit leher dan pundak. Hal itu berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2012.

Selain itu, sebuah studi mengatakan bahwa dua cangkir kopi bisa efektif meredakan nyeri otot setelah berolahraga. Namun penelitian ini diterapkan pada mereka yang memang jarang mengonsumsi kopi.

4. Secangkir kopi hitam hanya mengandung 1 kalori
Yang satu ini informasi menarik buat kamu yang sedang diet. Karena ada fakta menarik jika kamu menyeduh kopi hitam tanpa gula, krim dan susu, maka hanya akan mendapatkan 1 kalori saja. Namun ketika menambahkan pemanis dan susu, jumlah kalori akan langsung melesat berkali-kali lipat.

Jadi menyeduh kopi tidak membuat naik berat badan, asal tidak berlebihan dengan menambahkan pemanis didalamnya.



Kota tangerang Kopi

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!