Senin, 7 Juni 2021 20:02 WIB | Dibaca : 1421
Tangerang Emas, UMKM Kuat dan Berkembang
Tangerang Emas, UMKM Kuat dan Berkembang
Tangerang Emas, UMKM Kuat dan Berkembang

Satu tahun setengah, menggulirkan program Tangerang Ekonomi Masyarakat Sejahtera (Emas), Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) terus memperluas penerima manfaat. Tercatat, hingga saat ini sudah 244 UMKM dari 27 kelompok yang menerima bantuan pinjaman permodalan ini. Ditujukan untuk memperkuat dan mengembangkan usahanya di tengah pandemi covid-19.

Kepala Disperindagkop UKM, Teddy Bayu Putra mengungkapkan program Tangerang Emas pada 2020 berhasil menggelontorkan anggaran pinjaman melalui Bank BJB sebesar Rp 285 juta. Anggaran tersebut, disalurkan ke 145 UMKM dari 17 kelompok, dengan rata-rata pinjaman Rp2 juta per pelaku usaha, tanpa adanya nilai bunga pinjaman.

“Angka ini sesuai dengan pengajuan masing-masing kelompok, melalui verifikasi tim Disperindagkop UKM terkait pemberkasan dan tim Bank BJB terkait BI Checking. Dengan masing-masing kelompok lima hingga 10 pelaku usaha. Saat ini, jumlah penerima dan kelompok pun sudah terus bertambah,” ungkap Teddy, Senin (7/6/21).

Lanjutnya, hingga akhir Mei kemarin sudah bertambah 10 kelompok dengan 99 pelaku usaha. Anggaran pinjaman yang sudah digelontorkan pun sekitar Rp196 juta. Paling banyak, kelompok UMKM yang mengikuti program ini yaitu Kecamatan Pinang dan Tangerang, .

“Ada beberapa pelaku usaha yang melakukan pengajuan hanya Rp1 juta, karena memang sesuai kemampuan dan kebutuhan. Saat ini, Dinas pun sedang memverifikasi tiga kelompok lagi yang sedang berlangsung. Maka akan terus bertambah hingga akhir tahun,” paparnya.

Kata Teddy, berdasarkan data laporan Bank BJB hampir 100 persen pinjaman yang digelontorkan di 2020, sudah dibayarkan atau dikembalikan oleh para pelaku usaha. “Kasus tak terbayarkan atau nunggak sangat sedikit terjadi, bahkan masih bisa terselesaikan melalui gotong royong kelompok UMKM mereka sendiri,” katanya.

Saat ini, Disperindagkop UKM pun tengah memproses peningkatan nilai pinjaman pada Perjanjian Kerjasama (PKS) Tangerang Emas ini. Diperindagkop UKM sedang mengkaji dan menimbang untuk meningkatkan pinjaman dari Rp2 juta hingga Rp5 juta per pelaku usaha.

“Program Tangerang Emas dengan nilai Rp5 juta ini kita peruntukan bagi mereka yang sudah lunas pada pinjaman pertama, tanpa tunggakan atau cicilan lancar. Jika butuh atau ingin bisa kembali mengajukan dengan limit yang lebih besar. Sebagai apresiasi kelancaran pinjaman mereka, dan suntikan semangat mereka dalam berbisnis,” jelas Teddy.



Tangerang Emas UMKM Bantuan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!
Dodi Hendra winangun
sitizahrafoto@gmail.com
| Rabu, 28 Juni 2023 | 13:08

Saya ingin minjam dana untuk usaha