Minggu, 25 Agustus 2019 22:27 WIB
Buah Beracun Jadi Minuman Berkhasiat

Luar biasa, kata itu mungkin yang dapat menggambarkan pemanfaatan buah berenuk sebagai minuman berkhasiat. Buah yang seringkali dianggap beracun itu, berhasil disulap menjadi  pundi-pundi rupiah oleh warga RW 08 Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah.


Minuman berenuk berkhasiat untuk mengobati bronkitis, flu, batuk, obat mag, penurun panas, baik untuk lambung, meredakan hipertensi, mengobati diare, meredakan asma dan masih banyak lainnya.


Awal terciptanya minuman tersebut, lantaran pernah ada warga yang stroke dan disarankan minum sari berenuk, dalam sepekan setelah itu warga tersebut sudah sembuh. “Dari situ ada satu UKM mengolah berenuk jadi minuman berkhasiat, sekarang bahkan sudah ada empat UKM,” kata Ketua Karang Taruna Kelurahan Karang Tengah, Reza Hazmi, Sabtu (25/08/2019). 


Produksi minuman itu masih dalam tahap kecil. Dalam satu hari, empat UKM yang fokus memproduksi minuman itu dengan  memproduksi 20 botol dan 600 botol dalam sebulan.

“Pemkot sudah membantu mempermudah label halalnya. Saat ini, bahkan batoknya kami buat pot bunga dan menjualnya dengan harga Rp10-15 ribu,” ungkapnya.


Saat ini, reza, sedang sedang mengurus Hak Kekayaan Intelektual (Haki) atau hak cipta dan juga mendaftarkan produknya ke BPOM.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!