Jumat, 26 April 2024 15:34 WIB | Dibaca : 405
Puskesmas Periuk Jaya Raih Penghargaan Capaian Imunisasi Rutin Terbaik Tahun 2023 di Kota Tangerang
Puskesmas Periuk Jaya Raih Penghargaan Capaian Imunisasi Rutin Terbaik Tahun 2023 di Kota Tangerang
Puskesmas Periuk Jaya Raih Penghargaan Capaian Imunisasi Rutin Terbaik Tahun 2023 di Kota Tangerang
Puskesmas Periuk Jaya Raih Penghargaan Capaian Imunisasi Rutin Terbaik Tahun 2023 di Kota Tangerang

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang memberikan penghargaan kepada Puskesmas di Kota Tangerang atas capaian kinerja dan program yang telah dikerjakan selama 2023. Penghargaan tersebut diberikan bersamaan pada rangkaian acara Pekan Imunisasi Dunia (PID) yaitu peresmian program Sepekan Mengejar Imunisasi (Penari), di Posyandu Cemara 7, Kelurahan Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Jumat (26/4/2024).

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni menuturkan, pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas capaian kinerja dalam menjalankan program kesehatan salah satunya imunisasi di Kota Tangerang.

"Kami memberikan apresiasi serta sebagai motivasi untuk puskesmas lainnya agar tetap semangat menjalankan program pemberian imunisasi dasar lengkap kepada anak di Kota Tangerang. Pemberian apresiasi ini berdasarkan data melalui aplikasi, disesuaikan by name by address," ujarnya.

Ia pun mengungkapkan, terdapat tiga kategori penghargaan, yakni puskesmas capaian imunisasi rutin terbaik tahun 2023, puskesmas capaian imunisasi rutin terbaik triwulan pertama tahun 2024, serta puskesmas dengan kinerja surveilans terbaik tahun 2023. Dengan raihan Juara I, II, dan III pada masing-masing kategori.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Periuk Jaya dr. Sarah Manurung mengaku sangat senang Puskesmas Periuk Jaya untuk pertama kalinya meraih penghargaan sebagai puskesmas capaian imunisasi rutin terbaik tahun 2023.

Tentunya, pencapaian ini tak lepas dari peran serta para kader posyandu, serta tenaga kesehatan di Puskesmas Periuk Jaya dalam memenuhi target pemberian imunisasi dasar lengkap pada anak.

"Kami secara masif bersama para kader melakukan pendekatan kepada masyarakat dalam pentingnya imunisasi dasar lengkap pada anak. Apalagi jika ada balita yang tidak datang, maka kami akan melakukan sweeping, sehingga seluruh anak dan balita dapat terpenuhi pemberian imunisasi dasar lengkapnya," ujar dr. Sarah.

Lanjutnya, pemberian imunisasi di Puskesmas Periuk Jaya rutin dilakukan setiap dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk posyandu disesuaikan dengan jadwal posyandu di masing-masing wilayah. (dsw)

Daftar Puskesmas Penerima Penghargaan

Puskesmas Capaian Imunisasi Rutin Terbaik Tahun 2023

Juara I: Puskesmas Periuk Jaya, Kecamatan Periuk
Juara II: Puskesmas Ciledug, Kecamatan Ciledug
Juara III: Puskesmas Panunggangan, Kecamatan Pinang

Puskesmas Capaian Imunisasi Rutin Terbaik Triwulan I Tahun 2024

Juara I: Puskesmas Petir, Kecamatan Cipondoh
Juara II: Puskesmas Baja, Kecamatan Cibodas
Juara III: Puskesmas Pasar Baru, Kecamatan Karawaci

Puskesmas Dengan Kinerja Surveilans Terbaik Tahun 2023

Juara I: Puskesmas Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh
Juara II: Puskesmas Cibodas Sari, Kecamatan Cibodas
Juara III: Puskesmas Cipondoh, Kecamatan Cipondoh



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!