Jumat, 19 April 2024 13:28 WIB | Dibaca : 502
Kilas Balik Pasar Sipon Cipondoh: Berawal dari Pandemi sampai Dipadati Ratusan Pedagang
Kilas Balik Pasar Sipon Cipondoh: Berawal dari Pandemi sampai Dipadati Ratusan Pedagang
Kilas Balik Pasar Sipon Cipondoh: Berawal dari Pandemi sampai Dipadati Ratusan Pedagang

Pasar Sipon Cipondoh telah menjadi salah satu pasar dengan mobilitas terpadat di Kota Tangerang. Terbentang di sepanjang Jalan Irigasi Sipon, Pasar Sipon Cipondoh kini diramaikan ratusan pedagang berskala lengkap, mulai dari pedagang basah, pedagang kering, sampai jajanan kaki lima.

Lurah Cipondoh Muptyawan menuturkan, Pasar Sipon Cipondoh baru ada beberapa tahun terakhir saat masa pandemi COVID-19. Pasar Sipon Cipondoh bertransformasi mulai dari pedagang kaki lima menjadi lapak-lapak pedagang beragam jenis yang dibangun di badan dan bahu jalan yang membentang sepanjang satu kilometer tersebut.

“Kalau dilacak sejarahnya, Pasar Sipon Cipondoh berawal dari tradisi pasar malam setiap akhir pekan yang mulai sering diselenggarakan pada medio tahun 2015-2016 silam. Berawal dari sana, mulai banyak ditemukan para penjual kering, kaki lima, sampai ruko-ruko yang mencapai puncaknya dengan jumlah pembeli yang luar biasa setiap harinya pada masa pandemi,” ujar Muptiyawan, Jumat (19/4/24).

Salah seorang warga sekitar, Satibi menambahkan, Pasar Sipon Cipondoh sebenarnya telah dilengkapi tiga titik komplek perukoan dan lapak tradisional yang berada di sekitar kawasan tersebut. Namun, jumlah kapasitas yang terbatas membuat daya tampung tidak terkendali sehingga Pasar Sipon Cipondoh tetap didominasi oleh para pedagang yang melapak di sepanjang Jalan Irigasi Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang.

“Semenjak masa pandemi disertai pembatasan aktivitas masyarakat kala itu, membuat banyak masyarakat sekitar mulai memanfaatkan keberadaan pasar alternatif di Jalan Irigasi Sipon. Lambat laun, pasar semakin berkembang sehingga tidak terkendali sampai hari ini,” tambah Satibi.

Selain itu, Pasar Sipon Cipondoh yang berkembang pesat juga meninggalkan berbagai macam permasalahan lingkungan bagi masyarakat sekitar. Seperti kemacetan, ketidaktertiban, sampai menumpuknya sampah-sampah di sepanjang saluran irigasi, badan dan bahu Jalan Irigasi Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang.

“Melihat kondisinya saat ini, Pasar Sipon Cipondoh perlu dilakukan penataan ulang untuk menciptakan pasar yang teratur, bersih dan nyaman sehingga tidak mengganggu ketertiban lingkungan sekitar,” tambahnya.



kota tangerang #Smart Environtment

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!