Rabu, 6 Maret 2024 19:33 WIB | Dibaca : 830
Perkuat Ketahanan Pangan, DKP Kota Tangerang Gencar Distribusikan Bibit Tanaman Gratis

Gerakan menanam di perkarangan rumah terus digencarkan Pemerintah Kota Tangerang. Melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, masyarakat dapat memanfaatkan program distribusi bibit tanaman gratis, baik buah maupun sayur mayur.

Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun menyatakan, sepanjang 2024 ini, DKP telah membagikan 3.070 bibit tanaman sayuran.

“Angka ini terus meningkat, mengingat pemaksimalan ketahanan pangan jelang Ramadan, dan tingginya permohonan warga di 13 kecamatan,” tutur Muhdorun, Rabu (6/3/2024).

Ia pun menjelaskan, pembagian bibit gratis dapat dimanfaatkan masyarakat dengan melakukan permohonan atas nama kelompok masyarakat, RT atau RW. Yakni, bersurat ke Kepala DKP Kota Tangerang yang dikirimkan ke Gedung Cisadane Lantai 1, Jalan K.S Tubun Nomor 1, Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

“Dengan ini, Pemkot Tangerang mengajak masyarakat memanfaatkan lahan perkarangan rumah untuk menanam ragam bibit buah, sayur bahkan cabai. Yakni, dengan memanfaatkan program pembagian bibit tanaman gratis dari DKP Kota Tangerang ini,” ajak Muhdorun.

Kata Muhdorun, DKP telah mendistribusikan bibit tanaman gratis sebanyak 150.000 bibit pada 2020, 10.002 bibit pada 2021 dan 45.770 bibit pada 2022. “Untuk tahun 2023 sebanyak 75.022 bibit yang terdiri dari tanaman buah dan sayur, kemudian tahun 2024 sampai saat ini telah dibagikan 3.070 bibit tanaman sayuran,” jelasnya.

Diketahui, saat ini di Kota Tangerang telah memiliki 119 Kelompok Wanita Tani (KWT), 160 hektare lahan sawah padi yang tersebar di Benda, Batuceper, Periuk, Cipondoh dan Pinang. Selain itu juga terdapat 4,5 hektare lahan pertanian yang menghasilkan sayur mayur dan jagung yang berada di wilayah Cikokol.

“Bercocok tanam di perkarangan rumah, merupakan langkah-langkah sederhana masyarakat, untuk turut andil dalam upaya mengendalikan laju inflasi,” tutup Muhdorun.



bibit kota tangerang dkp #Smart Environtment

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!