Senin, 4 Maret 2024 13:54 WIB | Dibaca : 705
Pemkot Tangerang Siapkan Strategi Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi UMKM
Pemkot Tangerang Siapkan Strategi Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi UMKM
Pemkot Tangerang Siapkan Strategi Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi UMKM

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berkomitmen mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam upaya menggerakkan perekonomian masyarakat Kota Tangerang.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang Suli Rosadi menuturkan, sebagai implementasi kebijakan pengembangan UMKM telah digelontorkan enam program riil untuk UMKM Kota Tangerang lebih berkembang.

Pertama, penyuluhan dan sosialisasi hukum bersama Pengadilan Negeri Tangerang. Kedua, penguatan kelembangaan UMKM melalui pelayanan TOT pembuatan NIB gratis dan tercatat sudah 58.692 NIB telah diterbitkan untuk UMKM Kota Tangerang.

“Ketiga, fasilitasi akses permodalan atau pembiayaan. Yakni, Tangerang Berwirausaha yang sudah disalurkan kepada 11.118 UMKM melalui KUR dan Tangerang Emas berupa pinjaman modal tanpa bunga dan agunan kepada 305 UMKM,” jelas Suli.

Keempat yaitu peningkatan daya saing berupa fasilitasi pendaftaran merek dagang yang sudah diterbitkan 2.020 merek, sertifikasi halal pada 728 UMKM, uji lab untuk izin edar dan P-IRT yang sudah dimanfaatkan 600 UMKM serta desain kemasan pada 264 UMKM.

“Kelima, Disperindagkop UMKM juga melakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi UMKM melalui berbagai macam pelatihan seperti pemasaran digital, food stylish, desain kemasan produk serta layanan klinik konsultasi usaha atau pendampingan UMKM,” katanya.

Keenam, kata Suli adanya fasilitasi akses pemasaran melalui pameran offline. Seperti, Tangerang Expo dan berbagai pameran dalam negeri. Kemitraan usaha UMKM dengan ritel modern dan marketplace, akses pemasaran online bekerja sama dengan shopee dan Tokopedia, serta penyelenggaraan UMKM Award.

“Melalui ragam program tersebut, kami berharap UMKM Kota Tangerang dapat lebih unggul, maju dan berdaya saing. Sehingga, pada akhirnya dapat membuka peluang pasar baru, baik di tingkat lokal maupun nasional bahkan global. Sehingga, produk Kota Tangerang dapat menjadi pemain dan pemenang bukan hanya penonton di tengah gempuran berbagai produk impor atau luar negeri,” tutup Suli.



strategi umkm disperindag kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!