Selasa, 16 Januari 2024 18:26 WIB | Dibaca : 695
Hubungi Nomor Ini! Petugas DLH Kota Tangerang Siap Jemput Sampah
Hubungi Nomor Ini! Petugas DLH Kota Tangerang Siap Jemput Sampah

Menekan jumlah sampah yang masuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang terus menggaungkan program pemilahan sampah hingga sedekah sampah, dari sumber pertama yaitu rumah tangga.

Selain itu, DLH Kota Tangerang juga menghadirkan program Jemput Sampah. Kepala DLH Kota Tangerang, Tihar Sopian mengungkapkan program Jemput Sampah ini dikhususkan untuk penjemputan sampah jenis anorganik dan minyak jelantah. Setiap harinya, petugas dikerahkan untuk standby dan melakukan penjemputan sesuai permohonan yang masuk.

“Layanan Jemput Sampah ini dikhususkan untuk jenis sampah anorganik dan minyak jelantah. Memanfaatkan program ini, masyarakat Kota Tangerang dapat menghubungi call center DLH Kota Tangerang di nomor 0811-1631-1631,” jelas Tihar, Selasa (16/1/24).

Ia pun menjelaskan, sampah-sampah yang masuk jenis anorganik ialah platik, botol, kaleng, kresek, ban bekas, besi, kaca, kabel, barang elektronik, bohlam lampu dan lainnya. “Setelah itu, Tim DLH Kota Tangerang akan melakukan pengolahan pada sampah anorganik tersebut. Salah satunya dijual dan hasil dana yang berhasil dikumpulkan, akan disetorkan langsung ke Baznas Kota Tangerang secara berkala,” tutur Tihar.

Sedangkan untuk pengumpulan minyak jelantah, kata Tihar hasil dari sedekah minyak jelantah warga Kota Tangerang, pastinya bermanfaat untuk mengurangi pencemaran air. Nantinya, minyak jelantah tersebut diolah kembali menjadi bahan baku biodiesel.

“Begitu banyak cara yang bisa diterapkan masyarakat dalam pengolahan dan pengurangan sampah yang masuk ke TPA. Masyarakat juga bisa memanfaatkan keberadaan 287 Bank Sampah di Kota Tangerang. Mengubah sampah menjadi cuan, dengan menyetorkan hasil pemilahan sampah yang dapat didaur ulang atau memiliki nilai ekonomis ke Bank Sampah,” tutup Tihar.



jemput sampah sampah kota tangerang dlh

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!