Jumat, 9 Juni 2023 09:34 WIB | Dibaca : 400
Intip Berbagai Keunikan Masjid Raya Al-Azhom Tangerang
Intip Berbagai Keunikan Masjid Raya Al-Azhom Tangerang
Intip Berbagai Keunikan Masjid Raya Al-Azhom Tangerang

Keunikan ciri khas sebuah bangunan dapat menjadi ikon suatu daerah, salah satunya Masjid Raya Al Azhom yang berlokasi di Kota Tangerang. Masjid ini memiliki 5 kubah besar diantaranya, yang memiliki arti 5 rukun islam.

Masyarakat Kota Tangerang patut berbangga, lantaran punya rumah ibadah dengan ukuran kubah raksasa yang belum tentu dapat dijumpai di daerah lain. Konon kabarnya, Masjid Raya Al-Azhom merupakan masjid dengan kubah terbesar tanpa penyangga yang hanya ada satu-satunya se-Asia.

Masjid ini diresmikan oleh Said Agil Husin Munawar selaku Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia saat itu pada masa pemerintahan Walikota Tangerang Djakaria Machmud tahun 1997.

Bangunan yang memiliki kekhasan berwarna biru ini, menjadi pusat dakwah di Kota Tangerang. Ornamen kaligrafi ditubuh kubah bagian dalam berlukiskan 99 asma'ul husna (nama-nama Allah yang indah) dan beberapa kutipan ayat Al-Qur'an. Ketika waktu sholat tiba, suara adzan berkumandang sangat indah.

Didalam Masjid Raya Al Azhom juga terdapat Galeri Islam yang dipalang guna mencegah anak kecil merusak fasilitas didalamnya. Selain buku-buku tentang islam, ada juga terdapat buku-buku tentang syariat islam yang dapat dibaca oleh siapapun yang berkunjung.



Kota Tangerang Masjid AL Azhom

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!