Selasa, 27 Desember 2022 12:59 WIB | Dibaca : 522
Bantuan Disalurkan, Perbaikan Pipa Air di Rel Tanah Tinggi Tengah Diupayakan
Bantuan Disalurkan, Perbaikan Pipa Air di Rel Tanah Tinggi Tengah Diupayakan
Bantuan Disalurkan, Perbaikan Pipa Air di Rel Tanah Tinggi Tengah Diupayakan
Bantuan Disalurkan, Perbaikan Pipa Air di Rel Tanah Tinggi Tengah Diupayakan

Jaringan Distribusi Utama (JDU) pipa air di kawasan jalur rel kereta api Stasiun Tanah Tinggi, Kota Tangerang mengalami kebocoran. Atas kondisi ini, debit aliran ke pelanggan di wilayah tersebut dikurangi sebesar 50 lps, untuk menguragi risiko kebocoran yang lebih besar.

Direktur Perumda TB, Kota Tangerang, Sumarya mengungkapkan jalur pipa tersebut merupakan masih milik Perumda Tirta Kerta Raharja (TKR). Kerusakan terjadi pada Kamis (22/12) kemarin, dikarenakan masa penggunaan dan aktivitas akan getaran kereta. “Langkah awal yang dilakukan Perumda TB ialah melakukan cek lokasi atau survei kondisi pipa. Hasilnya, diperlukan penggantian pipa,” ungkap Sumarya, Selasa (27/11/22).

Ia pun menjelaskan, Perumda TB juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak PDAM TKR. Infornya, PDAM TKR pun sudah mengirim surat izin ke PT KAI, untuk melakukan penggalian dan perbaikan pipa, pada wilayah yang mengalami kerusakan.

Lanjut Sumarya, berdasarkan info PDAM TKR surat izin penggalian tersebut belum mendapat jawaban dari PT KAI. Namun, PDAM TKR dan Perumda TB tengah membuat ekspose terkait metologi pengerjaan JDU tersebut, seperti persiapan peralatan, langkah kerja hingga keamanannya.

“Secara proses pengerjaan, diperkirakan membutuhkan waktu sekitar dua hari. Namun, rasanya surat izin harus diperkuat dengan eksposenya, kalau sudah selesai, PT KAI sekiranya akan merespon izinnya lebih cepat,” terang Sumarya.

Sumarya menyatakan, atas kondisi ini terdapat kurang lebih 9.000 pelanggan yang terdampak di wilayah satu. Diantaranya, Perumahan Moderland, Bumi Mas Raya, Mahkota Mas, Kompleks Sitanala, sebagian Kecamatan Tangerang, Kebon Besar, Batuceper, dan Tanah Tinggi.

“Kerusakan terjadi Kamis, pada keesokannya yaitu Jumat (23/12) Perumda Tirta Benteng langsung mengirim bantuan sementara dengan truk tangki air. Bantuan ini, terus berlangsung hingga kondisi pipa dinyatakan kembali normal. Semua pihak pastinya, terus berupaya agar kondisi ini segera kembali pulih dan aliran air ke pelanggan bisa kembali normal,” kata Sumarya.

Sebagai informasi, bagi seluruh pelanggan wilayah satu yang ingin melakukan permohonan bantuan air gratis melalui truk tangka air. Perumda Tirta Benteng menyediakan layanan permohonan melalui nomor whatsapp pengaduan di 0813-1494-0504 dan petugas truk tangka di nomor 0858-1021-6992.



Kota Tangerang PDAM Air Bantuan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!