Senin, 6 Desember 2021 16:14 WIB | Dibaca : 594
Peduli Bumi, KBA Pinang Menanam 20 Tanaman Buah Langka
Peduli Bumi, KBA Pinang Menanam 20 Tanaman Buah Langka
Peduli Bumi, KBA Pinang Menanam 20 Tanaman Buah Langka
Peduli Bumi, KBA Pinang Menanam 20 Tanaman Buah Langka

Ikut berkomitmen dalam pelestarian lingkungan, Kampung Berseri Astra (KBA), RW 6, Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang melakukan konservasi keanekaragaman buah langka nusantara. Upaya konservasi ini diimplementasikan dengan melakukan program penanaman serentak KBA se-Jabodetabek, di KWT Cempaka Asri, Senin (6/12/12).

Ketua KBA Pinang, Ida Meuthia mengungkapkan tujuan utama dalam mendukung pelestarian lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat, yaitu penghijauan lahan tandus, perlindungan keanekaragaman hayati dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Sekitar 17 jenis buah langka dan 10 jenis buah lokal ditanam dikawasan KWT Cempaka Asri. Adapaun jenis pohon buah langka yang ditanam ialah pohon mundu, menteng, kecapi, kenari, jamblang, sempur, jeruk kinkit, maja, jambu mawar, bisbul, matoa, belimbing wuluh.

“Terdapat juga alkesa, jambul bol, sirsak madu, sirsak ratu, dan gowok yang juga masuk jenis dalam buah langka. Untuk buah lokal, kami menanam jambu Kristal, jambu biji, jambu air, manggis, sawo manila, kelengkeng, belimbing, alpukat, nangka dan durian musang king,” papar Ida.

Selanjutnya, kata Ida anak remaja KBA akan melakukan perawatan pada pohon-pohon tersebut, hingga masuk proses panen. KBA Pinang juga akan melakukan pelatihan dan pembinaan terkait dunia pohon langka, sehingga para anggota remaja KBA dan KWT dapat memahami betul terkait budidaya pohon langka.

“Sekiranya, kita akan belajar terkait pengolahan hasil panen buah langka ini. Apakah, bisa diolah menjadi sesuatu yang bernilai jual, sehingga dapat menjadi produk dan unggulan baru di Kampung Berseri Astra Pinang ini,” katanya.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!