Kamis, 30 September 2021 14:49 WIB | Dibaca : 572
PKK Kota Tangerang Perluas Kesempatan Kerja di Wilayah P2WKSS
PKK Kota Tangerang Perluas Kesempatan Kerja di Wilayah P2WKSS
PKK Kota Tangerang Perluas Kesempatan Kerja di Wilayah P2WKSS
PKK Kota Tangerang Perluas Kesempatan Kerja di Wilayah P2WKSS
PKK Kota Tangerang Perluas Kesempatan Kerja di Wilayah P2WKSS

Mengubah satu wilayah, menjadi kampung yang aktif, berpotensi dan berprestasi. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Tangerang menggelar pelatihan barista, untuk melakukan perluasan kesempatan kerja di RW 10, Kampung Pisang, Desa Sukatani, Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Neglasari, yang diketahui sebagai wilayah Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah mengungkapkan pelatihan barista diikuti sekitar 25 peserta, digelar selama tiga hari bersama jajaran Dinas Ketenagakerjaan. "Pelatihan ini ditujukan untuk menggugah kompetensi warga dalam usaha dunia kopi. Selanjutnya, diharapkan dapat membuka bisnis kopi kecil-kecilan, intinya lebih produktif dan berkembang,” ungkap Aini, Kamis (30/9/21).

Ia menjelaskan, P2WKSS merupakan program PKK bersama DP3AP2KB untuk mengubah sebuah kampung terbelakang menjadi berprestasi, terutama pada potensi wanitanya.

“Dengan itu, sebelumnya PKK sudah meneliti bersama jajaran kepala OPD potensi apa yang bisa dikembangkan masing-masing OPD di wilayah RW 10 Kampung Pisang ini. Mulai dari kompetensi warganya bersama Disnaker, kebersihan lingkungan bersama DLH, standar pendidikan warganya bersama Dindik serta pengembangan potensi lainnya bersama OPD lainnya,” papar Aini.

Sementara itu, Rama salah seorang peserta mengungkapkan sangat antusias mengikuti pelatihan barista ini. Terlebih, saat ini ia sedang merintis warung kopi kecil-kecilan bersama rekannya.

“Jadi senang sekali saya bisa ikut kegiatan seperti ini, gratis dan cukup banyak teknik membuat kopi yang diajarkan disini. Mulai dari teori dan sejarah kopi, manual brew, pembuatan latte art, hingga pengembangan usaha,” jelas Rama.

Kata Rama, pelatihan-pelatihan seperti ini sangat penting untuk membuat sebuah perubahan pada kampungnya. Pasalnya, angka pengangguran di Kampung Pisang sepanjang pandemic cukup banyak dan meningkat.

“Semoga pelatihan seperti ini bisa diperbanyak dan diperluas segmentasinya. Sehingga, warga sekitar bisa lebih tergugah untuk merubah hidup, melalui bisnis atau berdagang. Tak melulu kerja sama orang,” katanya.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!