Tim Dokter IPB : Daging Kurban Masjid Al Azhom Layak Konsumsi

Minggu, 11 Agustus 2019
Tim Dokter IPB : Daging Kurban Masjid Al Azhom Layak Konsumsi

Memastikan keamanan konsumsi daging hewan kurban, di Masjid Raya Al Azhom, panitia menurunkan lima dokter IPB untuk mengecek layak tidaknya dikonsumsi 42 ekor sapi dan 9 kambing saat proses pemotongan Idul Adha 1440 H, Minggu (11/8/19).

Usai pemeriksaan seluruh daging secara intensif, seluruh daging hewan kurban dinyatakan layak dikonsumsi oleh seluruh penerima daging. 

Salah satu dokter hewan, Reza Pratama, menjelaskan, ada beberapa indikator hewan kurban layak di konsumsi, yaitu secara kasat mata dan secara klinis. 

Sejauh ini, kami periksa masih ditaraf aman. Setelah diperiksa kesehatan hewan oleh dinas terkait. Kini IPB turun mengecek kelayakan dagingnya. "Sejauh ini tidak ditemukan hal yang janggal," jelasnya.

Pemkot Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan, selalu bekerjasama dengan IPB setiap tahunnya untuk pemeriksaan kesehatan daging hewan kurban pada perayaan Idul Adha.

Sebanyak lima dokter diterjunkan langsung pada pemotongan di area Masjid Raya Al-Azhom ini.

"Nantinya jika ada yang ditemukan tidak layak konsumsi, kami akan langsung merekomendasikan agar tidak dikonsumsi oleh masyarakat kepada panitia terkait," jelas salah satu mahasiswa IPB Bogor, Setyo.