Pemkot Siap Bantu Warga Penderita Tumor dari Karawaci

Senin, 17 Pebruari 2020
Pemkot Siap Bantu Warga Penderita Tumor dari Karawaci
Pemkot Siap Bantu Warga Penderita Tumor dari Karawaci
Pemkot Siap Bantu Warga Penderita Tumor dari Karawaci
Pemkot Siap Bantu Warga Penderita Tumor dari Karawaci Pemkot Siap Bantu Warga Penderita Tumor dari Karawaci Pemkot Siap Bantu Warga Penderita Tumor dari Karawaci

Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengunjungi penderita tumor, Elfa Sabrina Putri (8), Warga RT 3 RW 9, Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspita Dewi menerangkan, kedatangannya untuk membantu Sabrina agar dirujuk ke RSCM atau ke Rumah Sakit Darmais agar bisa dilakukan tindakan medis yakni operasi pengangkatan tumor.

"Kita dari Dinkes menjamin kesejahteraan kesehatan bagi Sabrina melalui BPJS Kesehatan, jadi Sabrina bisa di rujuk untuk dilakukan penanganan serius agar tumor yang ada didalam tubuhnya bisa diangkat. Tetapi, kami menunggu persetujuan orangtua Sabrina untuk dilakukan penanganan rujukan dan juga operasi" papar Kepala Dinas Kesehatan, dr Liza Puspadewi, Senin (17/2/20).

Liza juga menjelaskan bahwa selama ini Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui petugas Puskesmas Karawaci Baru juga telah telah berkunjung ke kediaman keluarga Sabrina. Petugas kesehatan pun, melakukan pemantauan dan pendampingan setiap harinya untuk proses penyembuhan Sabrina. 

Sementara itu, Murtia Nengsih, ibu Sabrina, mengakui, respon Pemkot Tangerang begitu cepat saat mengetahui kondisi Sabrina. Namun, hingga saat ini, Murtia dan keluarga memilih berobat di Cimanggis Depok dengan seorang dokter bernama Agung Hidayat. 

“Sabrina awalnya pernah sakit sinus, disitu dia dioperasi. Dia trauma karena dioperasi. Saat sakit tumor ini, Sabrina minta tidak dioperasi, maka kami memilih alternatif yaitu berobat ke dr. Agung,” katanya. 

Diketahui, dalam kunjungan ini Pemkot Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga turut menyalurkan sedikit bantuan berupa uang. Bantuan yang berhasil dikumpulkan berasal dari olahan Bank Sedekah Sampah Kota Tangerang. 

“Sejauh ini, Program Sedekah Sampah Kota Tangerang sudah menyalurkan bantuan kebeberapa warga Kota Tangerang. Kali ini, hasil dari Sedekah Sampah kami salurkan untuk Sabrina sebesar Rp 8 juta,” jelasnya.

Selain itu bantuan juga datang dari pihak Kecamatan Karawaci dan Baznas Kota Tangerang. "Kemarin sudah kita salurkan bantuan sebesar Rp 5 Juta, mudah-mudahan bisa sedikit membantu proses pengobatan korban," ujar Camat Karawaci, Tihar yang juga turut hadir mendampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup berkunjung ke rumah Sabrina.