Pantau Kesehatan Anak di Sekolah

Kamis, 7 November 2019
Pantau Kesehatan Anak di Sekolah

Upaya mendeteksi kesehatan anak sejak dini, Puskesmas Karawaci Baru menggelar penjaringan kesehatan. Melakukan pemeriksaan kesehatan pada anak di Sekolah Madrasah Tsanawijaya Miftahussalam, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kamis (07/11).

Pemeriksaan kesehatan meliputi kebersihan perorangan, status gizi, ketajaman indera penglihatan dan pendengaran juga kesehatan gigi dan mulut. 

Kepala Tata Usaha PKM Karawaci Baru, Lila, mengatakan, pemeriksaan kesehatan sedari dini pada anak khususnya peserta didik sangat penting.

"Deteksi dini diperlukan untuk mengetahui masalah kesehatan yang dihadapi para siswa guna membantu memberikan penanganan sedini mungkin,” katanya.

Tak hanya itu, para siswa juga diajak untuk mempraktikan langsung cara menjaga kesehatan diri. Diantaranya mengajak membawa sikat gigi dari rumah kemudian diberikan pemahaman cara menggosok gigi yang benar.

Lilis menambahkan, dalam kegiatan tesebut mereka juga diperkenalkan pada pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Seperti membiasakan cuci tangan, pelaksana program gizi, menjaga kebersihan lingkungang sekolah seperti melakukan pemeriksaan kondisi WC hingga kantin sekolah.

“ Penyuluhan PHBS sangat penting untuk anak. Guna diterapkan dikehidupan sehari-hari, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan peserta didik secara optimal,” tambahnya.