Hari AIDS Sedunia, Gencarkan Gerakan 3 ZERO

Minggu, 1 Desember 2019
Hari AIDS Sedunia, Gencarkan Gerakan 3 ZERO
Hari AIDS Sedunia, Gencarkan Gerakan 3 ZERO

Satu Desember, setiap tahunnya diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia (HAS). Di mana menjadi momentum untuk menumbuhkan kesadaran semua orang terhadap penyakit AIDS yang disebabkan oleh HIV. 

Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) pada momen ini, menggencarkan gerakan 3 ZERO. Yaitu gerakan zero infeksi baru, zero kematian dan zero stigma dan diskriminasi. 

“Semua Puskesmas secara serentak melakukan gerakan yang sama. Melalui pencegahan penularan HIV, meningkatkan pengobatan HIV, retensi pengobatan, kualitas hidup ODHA, mitigasi dampak sosial ekonomi pada individu, keluarga dan masyarakat,” ungkap Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi, Minggu (1/12/19). 

Lebih lanjut, ia menjelaskan, setiap Puskesmas memiliki program 3 ZERO yang sudah berjalan selama ini secara rutin. HIV AIDS menjadi salah satu penyakit yang cukup menjadi perhatian Pemerintah Kota Tangerang. Seperti melakukan pendekatan hingga door to door melakukan sosialisasi. 

“3 ZERO tak hanya sebuah program yang gencar dilakukan petugas kesehatan. Namun, di hari AIDS sedunia ini, 3 ZERO juga harus menjadi perhatian semua masyarakat Kota Tangerang, sehingga semua pihak saling menjaga,” tegasnya.

Diketahui, seminggu ke depan sejumlah Puskesmas akan menggelar acara Hari AIDS Sedunia, yang bisa diikuti seluruh warga Kota Tangerang.