Drs. H. SACHRUDIN

Senin, 23 Desember 2013

Menjadi Wakil Walikota Tangerang 2013-2018 mendampingi Walikota H Arief R Wismansyah bagi H Sachrudin adalah takdir Illahi yang membawanya karena untuk sampai bisa menduduki posisi orang nomor dua di Kota Tangerang diawali dorongan dan dukungan berbagai elemen masyarakat yang berdatangan ke rumahnya. 


Tentunya, dorongan dan dukungan itupun berkorelasi dengan hasil komunikasi intensif dirinya dengan Arief sebagai calon Walikota Tangerang dalam bagian proses menetapkan pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Tangerang dalam Pemilukada Kota Tangerang 2013. 


Dalam proses kepastian penetapan pasangan Arief-Sachrudin, memang berdatangan puluhan orang berasal dari berbagai elemen masyarakat untuk mendorong dan mendukungnya menjadi calon Wakil Walikota Tangerang mendampingi H Arief R Wismansyah sebagai calon Walikota Tangerang, Juli 2013 lalu. Sekitar 50 orang menyatakan dukungan agar saya mendampingi Pak Arief di Pemilukada Kota Tangerang, katanya saat ditemui di rumahnya yang terletak di RT 01/RW 04 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipindoh. 


Kedua faktor itulah yang membuat Sachrudin memutuskan menjawab dengan kesediaannya maju sebagai Wakil Walikota Tangerang mendampingi H Arief R Wismansyah. Pengalamannya selama menjadi pegawai negeri sipil selama ini dengan dua kali memimpin sebagai camat di dua wilayah berbeda, yaitu Camat Cipondoh dan Camat Pinang, menjadi modal sangat berharga dalam perjalanan karirnyalingkungan birokrasi kepemerintahan. 


Sebelum berkecimpng di lingkungan Pemkot Tangerang, Sachrudin sempat bertugas di lingkungan RS dr JB Sitanala, Tangerang. Selang beberapa tahun tepatnya di tahun 1996, takdir membawanya masuk ke lingkungan Pemkot Tangerang dengan posisi staf di Dinas Kesehatan Kota Tangerang. 


Kerja-keras dan keinginan untuk maju yang ditunjukkan dengan diambilnya kesempatan menimba ilmu di Fisip UNIS Tangerang jurusan administrasi negara yang kemudian mengembangkan potensi kepemimpinannya. 


Dari pengalaman dan ilmu yang dimilikinya itulah jabatan kepemimpinan wilayah mulai dipercayakan padanya. Dimulai sebagai lurah di Kelurahan Cipondoh Indah (2000- 2003) karir kepemimpinannya terus menanjak hingga menjabat Sekratris Kecamatan Cipondoh. 


Setelah menjabat Sekretaris Kecamatan Cipondoh yang dijalani sejak tahun 2003-2005 pada akhirnya jabatan Camat Cipondoh direngkuhnya menggantikan H Harry Mulya Zein yang dipromosi pada jabatan posisi yang lebih tinggi. 


Saat itu Sachrudin pun berhasil mengembangkan potensi yang ada di wilayah Kecamatan Cipondoh di tengah program pembangunan infrastruktur pendidikan yang besar-besaran di kecamatan oleh Pemkot Tangerang. Setelah itu, dia pun dimutasi menjadi Camat Pinang. Dasar kepemimpinan yang dimilikinya itupun akhirnya membawa wilayah baru sebagai pemekaran Kecamata Cipondoh itu menjadi kawasan yang berkembang di Kota Tangerang. 


Kemampuannya memimpin dan berkomunikasi serta dekat dengan masyarakat terus ditunjukkan. Terakhir, sejak menjadi Camat Pinang pada tahun 2009 lalu berbagai prestasi yang diraih Pemkot Tangerang, sebagiannya berasal dari wilayah tersebut. 


Gaya kepemimpinan yang santai, tegas dan disiplin diterapkannya. Selama kepemimpinannya sebagai camat, lingkungan kantor kecamatan di mana dia bertugas akan selalu tampak bersih dan hijau. Seringkali dia terlihat turun langsung berkeliling kantor hanya untuk melihat pekarangan. 


Sachrudin pun bukanlah tipe yang hanya bisa memerintah kepada stafnya, bahkan kepada petugas kebersihan. Pernah dia mengambil langsung gelas bekas air mineral yang tegeletak di salah satu pojok kantor Kecamatan Pinang dan kemudian memasukannya ke tempat sampah yang tersedia, Atau juga dia terlihat berbincang langsung dengan petugas kebersihan kantornya tentang letak pot tanaman. 


Tidak berbeda jauh dengan sikapnya saat berada di luar kantor dan membaur bersama warganya. Komunikasi yang akrab selalu terjadi saat itu. Itulah yang menjadi sekelumit cerita dari warga dan staf yang kemudian menjadi kepercayaan bahwa sosok Sachrudin tepat menjadi Wakil Walikota Tangerang.


IDENTITAS PRIBADI 

Nama : Drs. H. Sachrudin 

TTL : Tangerang, 06 November 1961 

Alamat : Jl. Panglima Polim No. 6 Rt. 001 Rw. 04, 

              Kel. Poris Plawad Kec. Cipondoh Kota Tangerang, Banten 

Jenis Kelamin : Laki-laki 

Agama : Islam 

Status Perkawinan : Menikah 

Nama Istri : Hj. Masturoh

Anak : 5 (lima) Orang 


RIWAYAT PENDIDIKAN 

1. SD Negeri 1 Cipondoh, Tangerang Lulus Tahun 1975 

2. SMP Negeri 1, Tangerang Lulus Tahun 1979 

3. SMA Pribadi, Tangerang Lulus 1982 

4. S1 Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS), Tangerang Lulus Tahun 1992 


RIWAYAT PEKERJAAN 

1. PNS Staf RS Sitanala, Tangerang (Tahun1993) 

2. Staf Dinas Kesehatan Kota Tangerang (Tahun 1996) 

3. Lurah Cipondoh Indah (Tahun 2000-2003) 

4. Sekretaris Kecamatan Cipondoh (Tahun 2003-2005) 

5. Camat Kecamatan Cipondoh (Tahun 2005-2009) 

6. Camat Kecamatan Pinang (Tahun 2009- 2013) 


RIWAYAT ORGANISASI 

1. Ketua Karang Taruna Cipondoh 

2. Ketua PK KNPI Cipondoh 

3. DPD KNPI Kota Tangerang 

4. Sekretaris Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kota Tangerang 

5. DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Tangerang 

6. Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Kota Tangerang 

7. Wakil Manajer Persikota Tangerang 8. Ketua Asosiasi Camat Kota Tangerang

8.  Ketua Asosiasi Camat Kota Tangerang

  • Mochamad Ruslan ( Cecep )

    Rabu, 07 Mei 2014 | 13:49
    Agar menjadi pemimpin yang AMANAH
Top

Android

Web
Tutup