Kota Tangerang Segera Miliki Laboratorium Halal

Rabu, 11 Oktober 2017
Akhir tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan memiliki Gedung Laboratorium Daerah (Labkesda) baru yang rencananya juga akan dilengkapi dengan Laboratorium Halal.
 
Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah yang meninjau langsung progres pembangunan Gedung Labkesda yang berada di komplek Masjid Raya Al A'zhom menjelaskan bahwa Gedung Labkesda tersebut direncanakan akan beroperasi di akhir tahun ini.
 
"Mudah-mudahan di November atau Desember bisa beroperasi," ujarnya saat meninjau lokasi Gedung Labkesda, Rabu (11/10).
 
Ditambahkannya, gedung dua lantai tersebut selain berfungsi sebagai Laboratorium yang melayani pemeriksaan standar nantinya juga akan difungsikan sebagai Laboratorium Halal layaknya Laboratorium Halal milik MUI pusat.
 
“Selama inikan antrean di lab halal punya MUI itu banyak banget perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikasi halal. Kalau ada di Kota Tangerang ini akan jauh lebih mudah aksesnya,” katanya.
 
“Lab halal bisa digunakan untuk proses sertifikasi hasil olahan pangan yang diproduksi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sehingga bisa membantu menggerakkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kota Tangerang,” sambung Wali Kota. 
 
Sementata itu, dr. Lulik Kepala UPTD Labkesda Kota Tangerang menyampaikan bahwa Gedung Labkesda yang berada di Komplek Masjid Raya Al Azhom tersebut terdiri dari 3 jenis laboratorium yaitu Laboratorium klinik, Laboratorium makanan dan minuman serta Laboratorium lingkungan.
 
"Karena alat laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang berfungsi sebagai penganalisa kehalalan suatu produk, baru dianggarkan di tahun 2018, jadi mungkin untuk Laboratorium Halalnya baru bisa beroperasi di tahun 2018, " terangnya.
 
Namun Ia menyampaikan bahwa untuk operasionalnya Gedung Labkesda baru tersebut akan beroperasi akhir tahun ini, dan dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera melakukan uji fungsi, set up ruangan, pelatihan dan pendukung operasionalnya. 
 
“Kita mulai bergerak awal November, kita sudah bisa membuka layanan kepada masyarakat,” ungkapnya.
 
"Kedepannya akan ada pengembangan hingga 95 pemeriksaan yang bisa dilaksanakan di labkesda kota Tangerang, termasuk didalamnya pengembangan utk pemeriksaan udara, kebisingan dan pencahayaan," paparnya.
Top

Android

Web
Tutup