DKP Kota Tangerang Akan Sosialisasikan Kesehatan dan Kesejahteraan Hewan Qurban

Selasa, 08 Agustus 2017

Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang akan melakukan sosialisasi Kesehatan dan Kesejahteraan Hewan Kurban pada 16 Agustus 2017 mendatang.

 

Sosialisasi tersebut akan dihadiri oleh 100 orang perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se- Kota Tangerang. 



"Sosialisasi tersebut akan dilakukan selama satu hari dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang cara merawat hewan kurban sebelumhari H," ujar Kepala Seksi Peternakan, Perikanan, dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, dr. Wina Listiani, Senin (7/8/2017). 

 


dr. Wina juga mengatakan banyak DKM yang belum mengetahui cara merawat dan memperlakukan hewan kurban sebelum hewan tersebut di kurbankan. 



"Hewan kurban harus di perlakuan dengan baik sebelum dikurbankan, selain memang dalam Agama pun aturannya seperti itu, nantinya juga daging hewan kurban akan tidak baik kualitasnya jika diperlakukan dengan tidak baik," ujarnya. 


Selain itu, tata cara saat akan memotong hewan kurban pun memiliki tata cara yang benar. Pasalnya, hal tersebut akan meminimalisir tingkat stress hewan kurban. 


"Misalnya saja saat akan dijatuhkan atau diposisikan ke posisi saat akan di potong, itu ada caranya bagaimana simpul ikatannya," ujarnya. 



Dirinya berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi panitia kurban yang diamanahkan oleh orang yang berkurban dapat dengan baik melaksanakan tugasnya

Top

Android

Web
Tutup